PANDUAN MENCUCI KAIN BATIK SUPAYA TIDAK LUNTUR

Panduan cuci kain Batik supaya tidak luntur

PANDUAN MENCUCI KAIN BATIK SUPAYA TIDAK LUNTUR
galeri batik queenzi

batik kainnya terbuat secara manual dengan teknologi yang sederhana, oleh karena itu dibutuhkan perawatan yang benar yang bermanfaat buat melindungi mutu corak batik supaya tidak luntur.

Batik ialah kebanggaan tertentu untuk yang memanfaatkannya, sebab kita bagaikan bangsa yang menjunjung besar peninggalan budaya leluhur, hingga kita wajib senantiasa melindungi kebudayaan batik ini, batik mempunyai banyak kelebihan yang sangat unik. Dari mulai keunikan sejarah, motif, ataupun dari metode pembuatannya.

Berikut ini Panduan cuci Kain Batik supaya tidak luntur:

  • Jangan cuci Kain batik dengan memakai sabun deterjen, sebab deterjen mempunyai sifat kimia yang keras sehingga bisa menghilangkan corak pada kain batik. Kamu bisa memakai shampo rambut buat cuci Kain batik ataupun dapat pula memakai produk spesial yang banyak dijual di toko ataupun galeri batik, misalnya sabun lerak.
  • Buat Kain batik yang tidak sangat kotor, buat mencucinya cuma dengan direndam memakai air hangat.Sebaliknya buat Kain batik yang kotor, misalkan apabila terkena bercak makanan ataupun minyak, dapat dihilangkan dengan sabun mandi ataupun kulit jeruk, Metode membersihkannya dengan mengusapkan sabun mandi ataupun kulit jeruk pada bagian yang kotor tersebut secara perlahan hingga bagian yang kotor lenyap. hendaknya dikala mensterilkan bercak tersebut cuma pada zona Kain batik yang kotor saja, sehabis itu rendam Kain batik dengan air hangat.
  • selesai dengan proses pencucian jauhi mengeringkan kain batik memakai mesin pengering sebab bisa menyebabkan serat kain batik jadi rusak.
  • Buat menjemur, letakkanlah di tempat teduh, buat batik kamu kering dengan sendirinya terkena angin. Dengan menjemur Kain batik di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung bisa membuat corak batik tidak gampang pudar.
  • Merapikan Batik dengan metode menyetrika, dianjurkan dengan membalikkan batik bagian dalam terletak di luar, dengan begitu bisa menghindari dari memudarnya corak batik, ataupun bila bagian luar sedikit kusut dapat disetrika dengan tadinya menempatkan kain bersih di atas batik terlebih dulu. Dikala menyetrika jauhi pemakaian cairan pengharum sebab dapat mengganggu corak pada warna kain batik tersebut.
  • Sehabis kain batik rapih, simpanlah kain batik di lemari, dapat digantung memakai hanger ataupun cuma dilipat saja. Tetapi banyak orang menganjurkan hendaknya digantung. Buat menghindari rayap di dalam lemari, kamu bisa memakai merica ataupun lada yang dibungkus tisu serta diletakkan di sudut lemari.